Ragam Bahan Roti



Resep roti adalah resep dari jenis makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan air yang difermentasikan oleh ragi. Roti sudah populer sebagai salah satu makanan pokok di banyak negara Barat. Namun belakangan ini, makanan yang memiliki karbohidrat tinggi ini juga mulai populer di Indonesia dan bahkan telah menjadi makanan pokok bagi beberapa kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat modern dan kalangan remaja serta anak-anak. 

Seperti yang sudah disebutkan, bahan utama dalam resep roti adalah tepung terigu dan air. Namun tidak semua jenis tepung terigu bisa digunakan dalam mengolah sebuah resep roti. Jenis terigu yang umum digunakan dalam mengolah resep roti adalah tepung terigu dengan kandungan gluten atau protein yang tinggi. Hal ini berguna agar adonan dari resep roti tersebut dapat mengembang sempurna dan empuk.
Seiring dengan kemajuan teknologi manusia selain dari terigu dan air, bahan-bahan resep roti pun berkembang dan bertambah untuk menambahkan kadar protein dan rasa-rasa tertentu. Tambahan bahan-bahannya antara lain telur, garam, gula, mentega, minyak, ragi roti dan soda kue. Bahan-bahan resep roti ini berfungsi untuk mendapatkan roti yang mengembang sempurna, lembut, dan tentunya lezat.
Jenis roti saat ini sangat beragam, begitu juga dengan resep roti. Berbagai rasa dan jenis roti dibarengi dengan perkembangan dunia kuliner menjadikan resep roti makin bervariasi dengan isi dan jenisnya. Secara umum saat ini roti dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu roti tawar, roti manis dan roti isi.
·       Roti tawar
Sesuai dengan namanya, roti ini memiliki rasa tawar. Biasanya roti jenis ini digunakan sebagai roti sandwich atau dapat juga dikonsumsi dengan tambahan olesan selai atau mentega. Resep roti jenis ini biasanya tidak banyak menggunakan gula. Hal yang perlu diperhatikan dalam tahap akhir resep roti ini adalah jangan potong roti saat masih panas, melainkan tunggu dingin terlebih dahulu.
·       Roti manis
Untuk menghasilkan rasa manisresep roti jenis ini menggunakan gula lebih banyak dari resep roti lainnya. Rasa manis pada jenis roti bukan hanya dapat diperoleh dari gula, ada beberapa olahan resep roti jenis ini yang juga menambahkan rasa manis dari buah-buahan atau bahan makanan lainnya yang memiliki cita rasa manis.
·       Roti isi
Resep roti jenis ini pada dasarnya sama dengan resep roti biasa lainnya. Hal yang membedakannya adalah pada resep isiannya yang dapat dikreasikan sesuai selera. Saat ini roti isi yang populer adalah roti isi coklat, keju, srikaya, dan daging. 

Menjaga Kualitas Roti


Agar kualitas roti bisa terjaga hingga utuh sampai di tangan konsumen, penanganannya tidak boleh sembarangan. Roti tidak tahan lama alias mudah berjamur? Ini memang masalah yang sangat merugikan bagi pengusaha roti. Bahkan kalau pun roti itu terjual, akibatnya fatal. Konsumen bisa kapok membeli lagi, karena kecewa.
 
Untuk menghindari kerugian besar tersebut, pengusaha roti sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut:
  1. Pergunakanlah bahan yang berkualitas untuk membuat roti. Jangan menggunakan tepung yang tidak jelas spesifikasinya.
  2. Tempat produksi harus bersih dan bebas bakteri. Ruang fermentasi harus selalu dibersihkan secara berkala, mesin aduk dibersihkan setiap selesai digunakan.
  3. Bila isian roti dimasak terlebih dahulu, pastikan sudah dalam keadaan dingin ketika akan digunakan.
  4. Untuk isian pisang, setelah dikupas rendam dahulu dengan air kapur selama 30 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air supaya warna pisang tidak berubah jadi hitam, dan sekaligus menghilangkan rasa sepet.
  5. Hindarkan sengatan matahari langsung pada roti saat di jajakan, agar tidak mudah berjamur.
  6. Mobil pengirim roti (mobil box), harus memiliki sirkulasi udara yang cukup, supaya roti tidak mudah berkeringat, yang bisa mengakibatkan kerusakan roti (mudah berjamur).
  7. Kirimkanlah roti pada jam-jam tertentu yang tidak terkena terik matahari seperti pagi atau malam, untuk menghindari kerusakan roti.
  8. Jangan meletakkan adonan roti selama fermentasi dekat dengan oven yang sedang dinyalakan, karena mengakibatkan roti menjadi kering.
  9. Jangan membungkus roti yang masih panas, karena mengakibatkan roti mudah berjamur.
  10. Pergunakanlah sarung tangan plastik pada saat mem bungkus, supaya roti tidak mudah berjamur.
  11. Hindarkan meletakkan sisa roti yang sudah berjamur pada satu ruangan atau satu lokasi dengan roti yang baru, sebab akan mudah terkontaminasi, roti yang baru akan mudah berjamur.
  12. Karyawan yang baru saja mengemas roti yang berjamur, jangan mengemas roti yang baru.
  13. Tempat atau kotak roti retur, sebaiknya disterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan untuk tempat roti yang baru. Hal yang sama, berlaku untuk mobil yang baru saja digunakan mengangkut roti yang berjamur.
  14. Pergunakanlah air yang bersih dalam adonan roti, dan usahakan air tersebut sudah diendapkan selama semalam.
 
 Rahasia Pembuatan Roti Manis

Persaingan bisnis roti manis semakin ketat. Selain harga, kualitas produk pun sangat diperhatikan konsumen. Inilah beberapa langkah untuk menghasilkan roti manis kualitas baik.
 
Untuk menghasilkan roti manis kualitas baik, beberapa hal ini patut diperhatikan:
  1. Gunakan tepung terigu yang berprotein tinggi (Cakra Kembar) dicampur tepung terigu yang berprotein sedang (Segitiga Biru). Tujuan pencampuran tersebut adalah untuk menghasilkan roti yang empuk teksturnya dan kokoh strukturnya.
  2. Bila menggunakan telur, gunakan bagian kuningnya lebih banyak daripada putihnya. Kuning telur akan menambah keempukan roti manis karena mengandung emulsifier alami yaitu lesitin.
  3. Setelah pengadukan, adonan harus diistirahatkan (fermentasi) kurang lebih 10 menit. Proses fermentasi awal ini harus cukup waktu, agar roti yang dihasilkan tidak menempel di gigi bila digigit.
  4. Isi adonan roti manis sebaiknya dimasak lebih dahulu, bila sifat bahan isian tersebut tidak dapat langsung digunakan. Dinginkan dahulu sebelum diisikan ke dalam adonan roti manis.
  5. Sebelum dibakar, permukaan adonan roti manis dipoles dengan kuning telur yang telah diencerkan dengan susu cair. Setelah matang, permukaan roti manis dipoles dengan margarin atau mentega agar tampak mengkilap.
  6. Proses pembakaran cukup pada suhu oven sedang (175-180 derajat celcius), selama kurang lebih 15 menit. Bila terlalu lama, roti manis akan menjadi kering dan berkurang keempukannya. Perkiraan suhu dan lama pembakaran ini dapat bervariasi, tergantung dari jenis oven yang digunakan dan beberapa banyak adonan roti manis yang akan dibakar.
 
Fungsi Susu dalam pembuatan Roti

Selain kandungan gizinya lengkap, susu memiliki banyak manfaat dalam pengolahan makanan. Pada roti, cairan putih itu memperbaiki warna remah dan kulit, sehingga lebih gelap dan mengkilap. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, memperkuat gluten adonan roti. Namun, tak sembarang susu bisa ditambahkan pada adonan roti.
 
SUSU merupakan emulsi lemak dalam air, yang mengandung garam-garam mineral, gula, dan protein. Lantaran kandungan lemaknya tinggi, susu kerap ditambahkan pada adonan roti, untuk memberikan cita rasa gurih, memperkuat aroma, dan melembutkan tekstur.
 
Lemak juga berfungsi untuk menunjang elastisitas adonan, sehingga mudah mengembang. Lemak susu tidak larut dalam air, tetapi mampu mengabsorbsi (menyerap) air sekitar 0,2%. Sifat lain lemak, mudah menyerap bau dengan cepat. Karena itu, mentega dan cream tidak boleh disimpan berdekatan dengan bahan berbau tajam karena akan mengurangi flavour produk tersebut.
 
Protein susu dalam bentuk casein, berfungsi menyediakan keseimbangan protein dan memperkuat gluten pada produk berbasis terigu. Sementara laktosa atau gula susu, memberikan warna pada remah dan kulit roti. Gula jenis ini tidak bisa dijadikan "sumber makanan" ragi. Karena itu, pada adonan roti fermentasi susu lebih lambat dibandingkan air. Untuk menyiasatinya, bisa dengan menambahkan susu skim, yaitu susu tanpa lemak. Itu sebabnya, pengetahuan tentang jenis susu diperlukan agar tidak terjadi kesalahan pada saat proses pengolahan.
 
Jjenis, dan cara penyimpanan susu yang baik.
Homogenized milk atau susu homogenisasi. Susu ini biasanya dikombinasikan dengan susu pasteurisasi. Homogenisasi berarti percikan-percikan lemak susu disebar merata pada cairan. Itu sebabnya, hindari pemisahan lemak dalam susu. Keistimewaan susu homogen, dapat tahan disimpan pada suhu kamar selama 6 bulan dan rasanya gurih.
 
Skimmed milk atau susu skim. Disebut juga susu padat atau bebas lemak. Susu skim merupakan produk samping dari pemisahan butterfat (lemak mentega) dari susu utuh atau susu full cream, sehingga bebas lemak. Dalam bentuk bubuk, susu ini membuang kadar airnya sekitar 91%.
 
Susu UHT (Ultra High Temperature), terbuat dari susu cair yang dipanaskan pada suhu sekitar 137ºC selama 0,5 detik. Susu ini steril, praktis, awet, dan tahan disimpan pada suhu ruang selama beberapa bulan. Rasa susu UHT mirip dengan susu homogenisasi tetapi tidak terlalu gurih.
 
Penyimpanan
Penggunaan susu pada industri roti, sangat dibatasi pada penyimpanan dan umur konsumsinya. Produsen roti banyak menggunakan susu bubuk karena umur konsumsi panjang, yaitu 6 bulan, asal dalam wadah tertutup.Untuk mendapatkan 800 gram susu cair, cukup mencampur air dan susu bubuk dengan perbandingan 7:1.
 
Agar susu tidak cepat asam, simpan sesuai dengan kebutuhannya. Untuk susu cair, simpan dalam lemari pendingin bersuhu 2-4oC. Usahakan susu disimpan dalam wadah tertutup, supaya tidak menyerap rasa atau aroma produk lain. Sedangkan susu bubuk full cream bisa bertahan selama 6 bulan jika disimpan dalam tempat tertutup dan diletakkan di tempat sejuk dan kering.
 
Setelah kemasannya dibuka, sebaiknya susu bubuk disimpan dalam lemari pendingin agar tidak bau tengik. Kecuali untuk susu bubuk skim, tidak perlu disimpan dalam lemari pendingin, karena tidak mengandung lemak. Susu skim bisa bertahan selama 12 bulan dalam wadah tertutup.

Melelehkan Coklat Compound
Melelehkan cokelat compound untuk dekorasi, gampang-gampang susah. Perlu ketelitian dan kesabaran.
 
Inilah langkahnya.
  • Masukkan potongan cokelat compound ke dalam baskom stainless steel atau kaca. Gunakan wadah yang bersih dan bebas lemak.
  • Panaskan air dalam baskom lain yang berukuran sama dengan wadah cokelat. Jangan memanaskan air terlalu banyak, karena bisa masuk ke dalam wadah cokelat.
  • Letakkan baskom berisi potongan cokelat di atas air panas tadi.
  • Usahakan air jangan sampai mendidih, karena air bisa masuk ke dalam cokelat sehingga teksturnya kasar. Bila mendidih, segera matikan api.
  • Aduk hingga 80% cokelat leleh, kemudian angkat dan aduk hingga semua cokelat mencair dan suhu turun.
  • Jangan menghias menggunakan cokelat dalam keadaan panas, karena penampilan cokelat menjadi tidak mengkilap dan timbul garis-garis putih.  
  • Sumber: BBC 

    14 komentar:

    1. terima kasih atas informasinya. sungguh bermanfaat dalam pembuatan roti.

      BalasHapus
    2. oh gitu toh cara bikin roti awet, biasanya emang roti cepet banget jamuran

      BalasHapus
    3. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
      1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
      Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
      Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
      -----------------------------------------------------------------------
      - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
      - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
      - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
      - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
      - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
      - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
      - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
      - Bonus Cashback Sportbook 5%
      - Bonus Cashback Sabungayam 5%
      - Bonus Referall 2% Semua Game
      - Bonus Referall 1% dari member Togel
      Contact Us Now :
      Livechat Casinobet77
      whatsapp : +85599495431
      PIN BBM : D6235F1C
      Wechat : casinobet77cs1
      Line : casinobet77
      skype : casinobet77
      Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/

      BalasHapus
    4. terima kasih artikelnya sangat membantu

      BalasHapus
    5. BOLAVITA SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA

      NEW MEMBER BONUS SPORTBOOK 10%

      NEW MEMBER BONUS LIVE KASINO 10%

      NEW MEMBER TEMBAK IKAN 10%

      NEW MEMBER SABUNG AYAM 10%

      NEW MEMBER TANGKAS GAME 10%

      ROLLINGAN KASINO LIVE ( BONUS RELOAD 0.7% )

      BONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTS HINGGA 10%

      POTONGAN TOGEL ONLINE KLIK4D DAN ISINLIVE FULL

      BONUS REFERENSI KAWAN 7%


      Dan masih banyak lagi bonus-bonus lainnya yang bisa anda dapatkan.

      Tunggu Apalagi Langsung Daftar & Bermain bersama kami

      Untuk Informasi lebih lanjut silahkan Hubungi Customer Service kami :


      Boss Juga Bisa Kirim Via :
      Wechat : Bolavita
      WA : +62812-2222-995
      Line : cs_bolavita
      BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

      BalasHapus
    6. 365SBOBET Situs Agen Resmi SBOBET , Agen Bola Terpercaya di Indonesia

      365SBOBET adalah Agen Sbobet Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

      http://104.161.33.124

      Buruan Daftarkan DIri anda di 365SBOBET & menangkan Ratusan Juta Rupiah Setiap Harinya!!!
      Bonus Pendaftaran Member Baru 20% Maksimal s/d 1 Juta Rupiah
      Bonus Next deposit 5%
      Bonus Rollingan 0.5%
      Bonus Cashback 5%
      Dengan Minimal deposit untuk mendapatkan Bonus Hanya 50 ribu

      Deposit hanya Rp. 25.000

      Whatsapp : 0823.6134.6235

      BalasHapus




    7. 365SBOBET Situs Agen Sbobet, Agen Bola Terpercaya di Indonesia

      365sbobet adalah Agen SBOBET Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

      365Sbobet
      agen sbobet
      Agen Sbobet Online
      Agen Sbobet Terpercaya
      Agen Sbobet Indonesia
      Agen Sbobet Asia
      Agen Sbobet Resmi
      Agen Sbobet Mobile
      Daftar Agen Sbobet
      Situs Agen Sbobet
      Website Agen Sbobet
      Link ALternatif Agen Sbobet
      Bonus Agen Sbobet
      Sbobet
      Sbobet Online
      Sbobet Terpercaya
      Sbobet Indonesia
      Sbobet Asia
      Sbobet Resmi
      Sbobet Mobile
      Daftar Sbobet
      Situs Sbobet
      Website Sbobet
      Link ALternatif Sbobet
      Bonus SbobetAgen Bola
      Agen Bola Online
      Agen Bola Terpercaya
      Agen Bola Indonesia
      Agen Bola Asia,
      Agen Bola Resmi
      Agen Bola Mobile
      Daftar Agen Bola
      Situs Agen Bola
      Website Agen Bola
      Link ALternatif Agen Bola
      Bonus Agen Bola
      Agen Slot
      Main Slot
      Situs Sbobet
      Situs Slot
      Slot
      Slot Online
      Slot Terbaik
      Website Slot





      BalasHapus
    8. Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:



      *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


      Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
      -Tenda vaksinasi
      -Tenda darurat Rumah sakit
      -Posko Pengungsian
      -Tenda Peresmian
      -Tenda Pameran
      -Tenda Gudang, dan masih banyak fungsi lainnya


      Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


      *Tenda Transparan
      Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
      -Acara Wedding
      -Acara pesta
      -Acara pesta malam
      -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


      *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
      biasanya memiliki kegunaan untuk:
      -Bilik desinfektan
      -Event outdor
      -Posko pengamanan covid
      -Posko Polisi sementara
      -POsko darurat Rumah Sakit
      -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.
      Tenda kerucut dapat meutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.



      untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


      untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

      No.wa : 081977000899 / 081112300319

      Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


      #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDAVAKSINASI #TENDADARURATRUMAH SAKIT #POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGAN DARURAT RUMAH SAKIT
      #TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL



      https://www.tendaroderindonesia.com/

      https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

      https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

      https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

      https://twitter.com/IndonesiaRoder

      https://sites.google.com/d/1pcx7KorOqbjx0NiYnGFSUG5kOkWyCwi
      C/p/1yhTPQJp9thkWKmmxVcD-0m71khRu4_K9/edit

      BalasHapus
    9. NOBITASLOT: Situs Slot, Agen Slot Online Resmi Terpercaya di Indonesia

      NOBITASLOT adalah daftar slot situs agen slot online resmi terpercaya indonesia yang menyediakan berbagai permainan slot online, togel online, agen bola, live casino, poker, tembak ikan dan lain-lain yang menggunakan taruhan uang asli.

      nobitaslot
      slot
      slot judi
      slot games online
      slot online
      slot agen
      agen slot
      agen slot online
      agen slot games
      agen situs slot
      agen judi slot
      situs slot
      situs slot games
      situs slot online
      situs agen slot
      main slot
      main slot games
      main slot online
      main agen slot
      daftar slot
      daftar slot games
      daftar slot online
      daftar agen slot
      daftar situs agen slot
      daftar situs slot
      slot terpercaya
      judi terpercaya
      agen slot terpercaya
      situs slot terpercaya
      daftar slot terpercaya
      judi slot terpercaya
      daftarjudi
      daftar judi slot online
      daftar judi slot games
      togel
      togel online
      agen 4d
      tembak ikan
      nobita slot
      172.105.112.160
      148.163.72.68

      BalasHapus
    10. yang saya tau pt sebastian citra indonesia memproduksi rotio roti rasa kopi dan keju dengan minyak babi

      BalasHapus
    11. denger denger rotio yang di stasiun kereta dan di bandara soekarno hatta mengandung sdikit minyak babi nya..

      BalasHapus